kayak ini nih, anak-anak panti sana. kalo ada PR ngerjainnya bareng kita. umpamanya yang dapet PR kelas 1 SMP dapet PR matematika, cuma satu atau dua anak aja yang mau ngerjain PR nya dari jumlah anak kelas 1 SMP yang lebih dari 3. saya tahu itu. lalu yang lainnya kemana kalo g mau ngerjain bareng kita? ya ntra mereka nyonto caranya, nyonto jawabannya. ya sama sih kayak aku dulu waktu SMP dan SMA. tapi pada akhirnya, mereka g tau darimana dapet jawaban itu da mereka g berusaha cari tahu dapet darimana jawaban-jawaban itu.
kayak tadi, yang SMP kelas 1 dapet PR matematika. ada satu anak udah ngerjain. dia mau bahas itu sama aku dan 1 orang temannya yang lain. dia katanya sih ngerjain sendiri, cuma ada satu soal yang itungan, dia bilangnya nyonto temennya dan dia g mau tau darimana jawaban itu dan gimana caranya. dia baru tau caranya waktu saya jelaskan, waktu disuruh ngulangin lagi, dia g mau. alasannya selalu sama setiap hari "aku g bisa mbak" dan selalu aku jawab "makanya, kalo g bisa ayo dicoba terus, belajar terus, banyak latihan"
dari SMP, saya bukan siswa yang pintar dalam hal matematika, fisika dan kimia. tapi saya berusaha untuk mau mengerti bagaimana cara menyelesaikan soal-soal yang ada. caranya? ya saya belajar. karena saya belajar sendiri ga bisa maka saya les. saya tipe siswa yang ga bakalan belajar kalo tidak les. ya, saya siswa manja. manja sekali. tapi saya tahu kalau saya tidak bisa, saya tidak menyerah, melainkan saya berusaha menghadapinya. saya menghadapi masalah saya dengan jantan, saya tidak lari.
mungkin kondisi anak-anak panti ini yang mengutamakan dapet nilai bagus daripada mendapat ilmunya inilah yang menjadi cerminan generasi penerus bangsa indonesia saat ini. dengan mengutamakan nilai dan tidak memiliki ilmu yang bagus, pada akhirnya mereka akan keliatan bego-nya waktu di konfrontasi dengan keadaan yang membutuhkan ilmu kecerdasan tingkat tinggi. lalu, mau dibawa kemana arah bangsa ini kalau kebanyakan anak kecil generasi penerus bangsa seperti ini semua?
ini masalah serius, bisa jadi karena budaya pendidikannya memang mengutamakan siswa harus dapat nilai sekian biar lulus. bukan menanamkan ilmu, tapi menanamkan 'nilai oriented'
ReplyDeletenah!
ReplyDelete