Friday, February 1, 2013

Review Buku : Gajah Mada.

dari sini
kali ini saya yang nganggur setelah sidang skripsi, iseng-iseng baca buku yang menjadi minat saya sejak lama. sebuah buku yang berjudul Gajah Mada karangan dari Langit Kresna Hariadi. buku ini terdiri dari lima seri. tetapi saya baru saja selesai membaca seri yang pertama maka yang akan saya review adalah buku pertama dulu.
dari sini

sesuai dengan judulnya, buku mengambil tokoh sentral yaitu Gajah Mada dan cerita berkisar pada kisah kehidupan Gajah Mada yang mengambil setting waktu pada masa Kerajaan Majapahit masih dipimpin oleh raja Jayanegara. Gajah Mada pada saat itu berada dalam pasukan khusus istana bernama Bhayangkara yang bertugas khusus untung menjaga keluarga istana yaitu Raja, ibu Permaisuri, Putri dan sebagainya yang merupakan keluarga kerajaan.

pada masa pemerintahan Jayanegara terjadi beberapa pemberontakan dan yang paling terkenal adalah pemberontakan Ra Kuti. Pemberontakan inilah yang akan diceritakan oleh penulis. cerita dimulai dari saat semalam sebelum pemberontakan dilakukan dimana Gajah Mada yang mendapatkan petunjuk segera melakukan tindakan pengamanan istana dengan mengungsikan ibu Permaisuri dan Putri ke tempat yang aman dan mengamankan istana dari pemberontak. saat pagi menjelang, pemberontak memulai aksinya tetapi dapat diredam oleh pasukan kerajaan yang mendukung Jayanegara. disaat pasukan pemberontak merasa terjepit dan sepertinya kemenangan akan menjadi milik pasukan Gajah Mada, segalanya berubah sehingga mengakibatkan pemberontak yang dipimpin Ra Kuti bisa masuk menembus istana dan membuat Raja Jayanegara harus keluar dari istana dan diungsikan ke tempat yang aman.

dengan keluarnya Jayanegara dari istana membuat Ra Kuti merasa di telah menjadi raja dan melakukan tindakan semena-mena sehingga mengakibatkan orang-orang dan prajurit yang awalnya mendukungnya malah berbalik memusuhinya. selain itu, Jayanegara dibawah perlindungan Gajah Mada pergi semakin jauh dari istana dengan menyusun rencana untuk mengembalikan kekuasaan sah Raja Majapahit kepada Jayanegara. seperti yang pada akhirnya kita ketahui dari buku dan pelajaran sejarah pada masa SD, pada akhirnya pasukan Gajah Mada berhasil mengatasi pemberontak bahkan Ra Kuti mati terbunuh dalam serangan balasan tersebut.

meskipun jalan ceritanya secara garis besar sangat bisa ditebak karena pernah dipelajari dimasa sekolah dulu, tetapi dalam novel ini diperlihatkan betapa cerdiknya Gajah Mada dan teman-temannya yang berada dalam pasukan Bhayangkara untuk melindungi Raja Jayanegara dan menyusun rencana untuk memukul mundur Ra Kuti. salah satunya adalah saat dimana Jayanegara dan Gajah Mada terkepung di sebuah ladang jagung yang tidak akan mungkin bisa melarikan diri, pada akhirnya masih bisa lolos dari tangkapan Ra Kuti dan prajuritnya.

secara keseluruhan, saya sangat suka dengan novel ini, membaca buku ini seperti dijelaskan dengan gamblang keadaan Kotaraja Majapahit saat itu. peperangan yang terjadi juga digambarkan dengan sangat jelas membuat imajinasi saya membumbung saat membacanya. meskipun begitu tetap ada kekurangan dalam buku ini, pertama terlalu banyak kata-kata dan kalimat yang diulang-ulang. saya sampai melewatkan membaca kalimat itu karena sudah terlalu sering membacanya di halaman-halaman sebelumnya. lalu terdapat banyak istilah yang seharusnya diberi footnote dibawahnya, meskipun pada akhirnya diberi catatan istilah, tapi hal itu membuat saya malas untuk membuka lagi halaman-halaman yang ada istilah tersebut. istilah mengenai bekel, cluthak dan sebagainya menurut saya lebih baik diberi footnote supaya pembaca langsung paham dengan maksud penulis.

anyway, ending dari novel ini membuat saya merinding karena begitu menyentuh hati. saya sampai tidak tahu harus bereaksi seperti apa membaca ending novel ini. you have to read this book :)))



No comments:

Post a Comment